Minggu, 29 April 2012

TANAMAN OBAT 2


Kencur adalah salah satu jenis tanaman obat, dan kencur ini mempunyai nama latin yaitu (Kaempferia  galanga L.) Tanaman kencur ini hidup diantara di daerah dataran rendah atau juga pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak mengandung air. Tanaman kencur ini mempunyai daun daun lebar yang jumlahnya tidak lebih dari 5 Helai daun, susunan daun saling berhadapan, tumbuhnya menggeletak daun-daunnya menempel ke permukaan tanah.Tanaman kencur ini mempunyai bung majemuk tersusun, dan jumlah bunga tanaman kencur ini bisa mencapai sampai dengan 12 helai bunga.
Tanaman kencur ini sangatlah mudah untuk ditanam, dengan permukaan tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, dan cukup bisa terkena sinar matahari maka tanaman kencur ini bisa hidup dengan mudah.

Bicara soal khasiat memang tanaman kencur ini mempunyai khasiat, yaitu bisa mengobati beberapa penyakit yaitu :

  • Obat batuk
Ambil beberapa buah kencur, kupas kulitnya, dan parut. Setelah itu, peras hasil parutannya dan ambil airnya dengan disaring hingga kira-kira mendapatkan 250 ml. Tambahkan sedikit madu dan bubuhkan beberapa tetes air jeruk nipis. Minum 3 kali sehari hingga batuk menghilang. Catatan : Resep ini lebih diutamakan jika diminum saat penyakit belum parah.

  • Obat Keseleo
Satu buah kencur dan tambahkan dengan beras yang sudah direndam. Lumatkan bahan-bahan tersebut dang tambahkan air secukupnya.
Cara pemakaian = Oleskan racikan pada bagian yang oleso.

  • Obat flu batuk pada bayi
Untuk flu : Satu buah kencur, ambil sebesar ibu jari saja, kemukus (lada berekor/ Cubeb) lalu tumbuk sampai halus, tambahkan air hangat kurang lebih 3sendok teh. 
Cara pakai = Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : ambil kencur dan kemudian kupas buang kulitnya, parut dan setelah di parut peras dan ambil sarinya, tambahkan kurang lebih satu sendok air hangat.
Cara pakai = Diminumkan kepada bayi.


  • Obat alami Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres pada dahi.

  • Obat Diare
Dua buah kencur kira-kira sebesar ibu jari, tambahkan 1 cangkir air hangat yang sudah diberi garam secukupnya, lalu peras dan kemudian saring. 
Cara pakai = Oleskan pada perut sebagai kompres.

  • Obat masuk angin
Kencur, dan garam. Balut kencur dengan garam.
Cara pakai = Makan langsung kencur yang sudah di balut garam.
Catatan jangan lupa setelah memakan ramuan tersebut, harap minum dengan segelas air hangat.


  • Menghilangkan Darah Kotor
Empat buah rimpang kencur kira-kira sebesar ibu jari, Dua lembar daun trengguli, dan tambahkan Dua biji cengkeh kering, adas pulawaras secukupnya.
Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 atau 1/2 liter air sampai mendidih kemudian disaring.  
Cara pakai = Minum 2 kali sehari secara teratur.

  • Obat tradisional Memperlancar haid
Ambil 2 buah kencur sebesar ibu jari, tambahkan 1 lembar daun trengguli, kemudian 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.
Racikan : Cingcang kencur, Rebus dengan 1,1/2Liter, bersamaan dengan semua bahan yang sudah disediakan, tunggu sampai mendidih dan angkat jika airnya kira-kira sudah dua gelas
Cara pakai = Minum sekali sehari Dua cangkir sekaligus.

  • Mata terasa pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Manfaat dan Khasiat alang alang 

Obat dari alang alang

Manfaat dan Khasialt alang alang
Alang-alang bisa disebut dengan kata lain yaitu ilalang, tanaman ini berjenis tanaman liar,  alang-alang atau ilalang mempunyai daun yang tajam membentuk grigi-grigi halus, Alang-alang hidup di alam liar, dikarenakan alang-alang tumbuh di alam liar maka kerap kita sering menemui jenis alang-alang ini.

Di Indonesia ilalang kerap di gunakan sebagai atap rumah. untuk atap rumah alang-alang harus di pilih, jenis alang-alang yang bisa dipergunakan untuk atap rumah adalah, alang-alang yang sudah kering dan tidak basah.

Selain alang-alang bisa di gunakan sebagai atap rumah oleh sebagian penduduk, ternyata Khasialt alang alang juga bisa digunakan untuk berbagai pengobatan yaitu, menghentikan pendarahan atau (mimisan), mengobati penyakit lambung, kencing nanah dan radang ginjal.

Cara Pakaian :
Untuk obat yang langsung diminum : 

Rebus akar ilalang atau alang-alang yang sudah mengering kira-kira sebanyak.15-30 g, anda juga bisa memanfaatkan alang-alang yang masih tetap segar namun, jumlahnya alng-alang juga harus banyak, kira-kira 30-60 g, dan untuk bunganya gunakan sebanyak 5-11 mg, sedangkan tunas muda 5-11 g. cara lain-ya akar alang-alang bisa juga ditumbuk dan bisa juga diperas airnya.
Untuk alang-alang kering anda bisa menggiling kemudian menjadi serbuk.
Untuk penyembuhan area luar : 

Bulir bunga dan juga tangkainya digiling halus dan dibubuhi pada bagian luka atau bisa juga disumbatkan ke lubang hidung untuk menghentikan (mimisan) atau pendarahan pada hidung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar